Beranda | Artikel
Talbis Iblis Terhadap Kaum Sufi Hingga Malas Menekuni Ilmu Syariat
Rabu, 15 November 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Talbis Iblis Terhadap Kaum Sufi Hingga Malas Menekuni Ilmu Syariat ini adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Talbis Iblis. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary pada Senin, 29 Rabi’ul Akhir 1445 H / 13 November 2023 M.

Kajian Tentang Talbis Iblis Terhadap Kaum Sufi Hingga Malas Menekuni Ilmu Syariat

Ada kata-kata Ibnul Jauzi di sini yang merupakan inti dari buku Talbis Iblis ini. Perkataan beliau: “Ketahuilah, tipu daya Iblis yang pertama terhadap anak Adam secara keseluruhan (bukan hanya terhadap kaum Sufi) adalah menghalangi mereka dari mendalami ilmu agama.” Karena agama perlu didalami dan dipahami dengan benar. Kalau tidak, maka akan terjadi kesalahpahaman terhadap agama, dan terjadilah penyimpangan-penyimpangan yang di atas namakan agama, dianggap benar padahal tidak benar.

Maka Iblis menghalangi manusia dari menekuni dan mendalami ilmu agama. Sebab ilmu adalah cahaya. Ketika cahaya ilmu berhasil dipadamkan oleh Iblis, maka dia akan leluasa untuk menyesatkan manusia dalam kesesatan apapun yang diinginkannya. Maka manusia dijauhkan dari tafaqquh fiddin. Oleh sebab itu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

“Barang siapa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala kehendaki kebaikan pada dirinya, maka Allah akan membukakan hatinya dan memberinya anugerah untuk dapat mendalami agama.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lihat juga: Hadits Tentang Menuntut Ilmu dan Keutamaan Para Ulama

Sehingga dia benar-benar mengetahui dan memahami agamanya dengan baik, hingga tidak terjadi ketidaktahuan, kejahilan, ataupun kesalahpahaman. Karena kesalahpahaman dalam memahami agama ini juga berakibat fatal, manusia mengira itu adalah bagian dari agama, padahal bukan.

Itulah yang dilakukan oleh iblis. Yaitu bagaimana manusia itu jauh dari tafaqquh fiddin. Dan dalam hal ini Iblis merasuki kaum Sufi hingga mereka meninggalkan tafaqquh fiddin.

Talbis Iblis Terhadap Kaum Sufi Hingga Malas Menekuni Ilmu Syariat

Ada beberapa tipu daya iblis terhadap kaum Sufi dalam bab ini, di antaranya:

Iblis menghalangi mayoritas kaum Sufi ini dari ilmu. Iblis membuat mereka merasa bahwa mempelajari atau mengamalkan ilmu memerlukan jerih payah, susah dan berliku-liku. Karena untuk mendalami agama itu perlu usaha yang keras dan waktu yang panjang. Tentu bukan sekadar tahu, melainkan benar-benar mendalami agama. Dan itu memerlukan jerih payah yang sangat meletihkan.

Iblis juga menjadikan mereka lebih menyukai perkara yang simpel, sederhana, atau suka sesuatu yang santai. Hingga akhirnya, mereka lebih memilih untuk bermalas-malasan, terutama malas dalam menekuni agama yang itu susah dan membutuhkan konsentrasi serta kerja keras otak untuk bisa memahami agama dengan baik.

Ini sangat berat bagi mereka. Karena untuk mencapai tingkatan yang tinggi dalam agama, perlu banyak sekali alat-alat yang mesti dia sempurnakan, seperti ilmu bahasa Arab, ilmu tafsir, ilmu hadits, ilmu fikih, dan lain-lain. Semua itu tidak bisa ditempuh dalam waktu yang singkat dan pasti membutuhkan waktu yang panjang untuk bisa menjadi seorang pemuka agama. Jadi, bukan perkara yang mudah dan tidak bisa ditempuh dengan waktu yang singkat.

Kaum Sufi, mereka memilih sesuatu yang seolah-olah dia adalah alim, tapi sebenarnya bukan. Mereka berpenampilan seperti seorang alim, misalnya, mereka memakai jubah, memakai atribut-atribut yang biasa dipakai oleh pemuka agama. Kadang-kadang juga meniru sebagian dari kebiasaan mereka, seolah-olah dia adalah orang yang mengerti seperti orang alim, padahal tidak.

Maka, untuk membuat pandangan orang-orang awam tertuju kepada mereka, mereka pun mengenakan pakaian-pakaian yang bertambal, berpura-pura menjadi orang zuhud. Kemudian, mereka lebih memilih untuk duduk menganggur, tidak menuntut ilmu, cukup penampilan saja seperti alim.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53582-talbis-iblis-terhadap-kaum-sufi-hingga-malas-menekuni-ilmu-syariat/